Cara Mengatasi Internet Error | Tutornologi


Internet itu kadang lambat kadang cepet tergantung sinyal dan bandwith dari modem tersebut. Suatu ketika internet putus saat sedang kita pakai , pasti kita bingung dan suka kesal dalam menghadapi internet mati / putus - putus , padahal bayar tiap bulannya.

Terkadang kegagalan pemakaian koneksi intenet dapat disebabkan oleh hardware komputer yang errror, seperti kabel, modem, dan router. Untuk memperbaiki beberapa masalah dengan hardware, anda harus mematikan laptop / komputer anda dengan cara berikut.

1. Shutdown laptop anda
2. Putuskan hubungan listrik (power) di bagian belakang yang masuk ke modem atau router. Metode lain yang bisa anda gunakan adalah dengan menekan tombol reset pada modem atau router.
3. Lampu bagian depan modem gelap atau mati. Tunggu 20 sampai 30 detik, kemudian hubungkan kembali ke listrik (power) modem anda. Hal ini akan membuat lampu bagian depan modem nyala kembali atau kedap kedip. Tunggu 20 sampai 30 detik , kemudian restart laptop anda.
4. Jika koneksi internet masih error, kemungkinan disebabkan masalah pada IP addres. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda harus menggunakan program yang disebut sebagai ipconfig ikuti cara berikut ini : 

   - Klik [Start] > [Run], ketik cmd , kemudian klik OK atau tekan Enter. Program akan menampilkan window Command Prompt.
   - Ketik ipconfig.release dan tekan Enter.
   - Ketik ipconfig.renew dan tekan Enter.
   - Setelah selesai , tutup CMD itu.
Window Comman Prompt

Itu yang terjadi jika internet Error adapula salah satu penyebab terputusnya koneksi internet adalah masalah pada bagian sistem operasi yang menangani masalah internet tersebut. Untuk mengatasi internet yang putus nyambung anda harus menginstall kembali TCP/IP dengan cara berikut.

1.) Tekan di Keyboard Windows + R dan ketikan cmd maka akan keluar cmd atau commad prompt
2.) Ketik netsh int ip reset c :\resetlog.txt, kemudian tekan Enter.
3.) Jika anda sudah berhasil terhubung ke internet. Anda boleh menentukan bahwa perbaikan ini telah mengubah program antivirusm antispyware, software firefall atau program yang menjaga internet anda agar tidak terkena virus. 

Pada kasus ini,anda harus menginstal kembali program tersebut karena perubahan TCP/IP akan mengubah setingan program - program tersebut . Jangan lupa uninstall program dan restart laptop anda sebelum menginstal program tersebut.


Share this