Cara Dropship dari Tokopedia Ke Shopee | Tutornologi



Tokopedia ke shoppe :
1. Yaitu siapkan gmail dan no handphone untuk pendaftaran masing masing Market Place. Maksud dari tokopedia ke shopee ialah kita berjualan di shoppe dengan cara mengambil barang dari tokopedia. Kemudian tentukan niche tema yang anda tentukan untuk berjualan , elektronik, sepatu , baju , hijab dll. Kali ini saya memilih tema berjualan hijab.

2. Sesudah memilih tema langsung kita membuat toko bayangannya dulu dikarenakan kita tidak mempunyai toko asli jadi di dropship kita hanya membuat toko online saja atau toko yang ada hanya di online. Karena kita dropship dari tokped ke shopee maka kita membuat tokonya di shopee. Ketikkan di url browser shopee.co.id.


3. Kemudian klik daftar , lalu dibawah ada tombol berwarna biru muda menggunakan email klik tombol tersebut.



4. Isi data tersebut dengan email , username ini bisa berguna sebagai user saat anda masuk ke aplikasi, bisa juga sebagai nama panggilan anda di aplikasi tersebut. username juga yang menjadikan alamat url toko anda misal, usernamenya olshopnissa maka di url akan tercantum shopee.co.id/olshopnissa. Username tidak bisa diganti gunakan lah sebijaknya. Lalu isi data yang lainnya.
 



5. Pastikan daftar berhasil seperti gambar dibawah 






6. Login sekarang kemudian klik di kiri atas yang bertuliskan jual maka anda akan dibawa ke halaman sebagai penjual.


7. Di halaman ini banyak sekali fitur yang digunakan mengelola toko anda. Untuk penjelasan fitur yang lainnya anda bisa lihat di Mengenal fitur - fitur di seller shoppe. Kami hanya akan membahas cara menjual produk saja dan juga cara dropship untuk pemula.

8. Sebelum mencari supplier alangkah baiknya kita setting dulu toko kita dulu dikarenakan. 
Kalau jadi dropshipper jasa pengiriman hanya bisa JNE tidak bisa yang lain, kecuali kalau kita mengambil barang nya bukan dari MP atau Suppliernya dekat dengan rumah kita kalau itu kalian silahkan aktifkan jasa pengiriman lain. Kita klik tombol yang bergirigi yang bertuliskan pengaturan toko.





9. Ini adalah halaman pengaturan untuk lebih jelasnya nanti akan dijelaskan di fitur fitur seller shopee. Klik alamat saya yang ada di barisan toko. Kemudian klik + tambah alamat baru.




10. Lengkapi alamat toko anda , dan jangan berikan alamat asli anda buatlah alamat bayangan dengan syarat kota yang ada pilih harus satu kota / dekat dengan supplier dikarenakan ongkos kirim kita harus sama dengan ongkos kirim dari supplier maka dari itu harus sekota atau dekat dengan toko online anda.


11. Setelah Membuat toko nya di shoppe sekarang kita cari supplier di MP tokopedia, kenapa tokped karena kita sedang membahas dari tokped ke shoppe jualan di shoppe ngambil dari tokped singkatnya begitu. Ketikkan di url browser atau tambah tab browser tokopedia.com.




12. Lanjut kita akan memilih supplier hijab, caranya dengan ketikkan di pencarian produk yaitu hijab. Nanti akan muncul banyak produk dan juga ada jenis jenis hijabnya. Kita pilih salah satu supplier. Kita sudah dapat satu yaitu supplier Hemesa Store. Berikut Mencari Supplier Potensial di berbagai Market Place.




13. Nah Selanjutnya kita izin dulu apakah toko dia boleh di dropship atau menerima dropship kita bisa chat penjual atau lihat di informasi toko. Jika sudah diberi izin Kita mulailah menscrape produk dia untuk di jual lagi di toko kita. Klik salah satu produk, misalnya produk Jilbab Segiempat Ocean Motif 1 by Dafanya Scarf | Hijab Kerudung Murah.





14. Nah ini adalah salah satu produk yang akan kita dropship.
 - Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyimpan gambar dari produk tersebut.





- Langkah Kedua kita pergi ke tab seller shoppe yang tadi jangan di close nah jika sudah terbuka klik tambah produk. Kemudian Klik Tambah produk baru.





Langkah terakhir adalah Klik Pilih gambar cari gambar yang sudah kita simpan tadi gambar yang tadi dan klik ok. Nah jika sudah kita kembali ke tokopedia kita copy nama produk, deskripsi  produk , kategori produk, harga produk kita naikkan sesuai keinginan kita misal kita naikkan 5000 maka jadi 33.000 harganya, kemudian stok produk kita asal saja karena kita tidak tau stok yang tersedia berapa kita isi 100, variasi kita kosongkan, lalu kita isi berat sesuai dari berat produk, nah satu lagi yang terakhir kita aktifkan jasa kirim JNE REG ingat Dropship hanya bisa jne saja, agar lebih mudah kita aktifkan jne reg saja. Jika sudah semua terisi Sekarang klik Simpan dan Tampilkan.




Selanjutnya tinggal kita dropship barang yang lainnya dari toko supplier dan jika ingin melihat tampilan toko kita kita bisa mengetikan di url shopee.co.id/namausertokokita atau shopee.co.id/kebeautifulan.


Nah sekarang tinggal kalian yang menscrape sendiri , mudah kan dropship dari tokopedia ke shopee, intinya kita harus bersabar dan rajin rajin upload produk agar toko kita selalu aktif dan mudah mudahan banyak yang mengunjungin.

Share this