Fitur - Fitur Di Seller Shopee Part 1 | Tutornologi



Market Place shopee itu mempunyai halaman khusus seperti hal nya market place lainnya nama halaman khusus di shopee yaitu seller shopee. Di seller shope ialah tempat untuk kita sebagai penjual mengatur produk. Oh iya seller shopee hanya bisa dibuka di halaman dekstop saja kalau fitur mobile bisa liat di fitur seller shopee di mobile.

Di seller shopee ada 7 fitur yang mengatur kebutuhan jualan anda di Market Place shopee, Dimulai dari Produk saya, Kategori toko saya, Penjualan saya, Promosi saya, Penghasilan saya, Saldo penjual, dan Pengaturan toko. Kita akan bahas satu satu secara mendalam.

1. Produk Saya.

Di halaman ini kita dapat mengatur produk kita agar dapat dikelola dimulai dari pengaturan tambah produk upload produk dan lainnya.
Kita akan bahas satu persatu dari halaman produk di seller shopee ini. 

1.) Dibagian ini terdapat lima tombol yang masing masing berfungsi menampilkan produk kita dengan berbagai kebutuhan nya. Pertama button semua yaitu menampilkan semua produk, kedua live yaitu  menampilkan produk produk yang aktif saja, ketiga habis menampilkan produk yang stok nya habis, keempat blokir menampilkan produk yang terblokir akibat salah kategori atau kategori yang tidak tepat, kelima diarsipkan menampilkan produk yang diarsipkan atau yang sedang ditinjau ulang sebelum di post ulang.

2.) Pada bagian ini adalah ,jumlah produk yang sudah terupload cara menambah maksimal jumlah produk dengan cara menyelesaikan verifikasi untuk mengetahui lebih lanjut klik 
upgrade akunmu>


Ditempat ini lah kita dapat menjumlah maksimal produk yang bisa kita tampilkan di market place shopee ini. Kita diberi keleluasan yaitu maksimal 100 produk kemudian jika kita ingin menambah hingga maksimal 2000 produk kita harus verifikasi rekening bank kemudia jika kita ingin menambah maksimal hingga 10000 produk biasanya ada undangan dari shopee akibat kita mendapatkan bintang yang banyak atau juga performa penjualan yang bagus kemudia maksimal produk yang terakhir adalah 50000 produk kita harus menghubungi pihak shopee.

3.) Bagian ini tempat produk produk kita tampil atau juga produk produk kita hapus atau kita ubah untuk menambah produk klik gambar tambah agar berpindah ke halaman tambah produk , di halaman tambah produk anda akan diperintah untuk menambah gambar produk terlebih dahulu dan akan dipindahkan kehalaman tambah produk yang lebih lengkap.

Nah dihalaman tambah produk ini tempat kita untuk menambah produk kita dengan nama produk , dekskripsi produk , kategori produk, harga produk, stok produk, variasi produk , grosir produk, berat produk , ongkos kirim, preoder, kondisi produk, dan ski produk. Anda boleh tidak mengisi variasi grosir dan ski induk karena itu semua opsional.

4.) Di bagian ini adalah button yang mengubah tampilan dari horizontal seperti gambar diatas ke vertical dengan tabel yang mengisi produk.





5.) Pada bagian ini adalah mass update yaitu anda bisa mengupload massal produk anda secara bersamaan dengan syarat anda harus verifikasi ktp untuk program gratis ongkir untuk mengikuti nya verifikasi anda bisa lewat link https://shopee.co.id/seller/verification/?_ts=1468312390&__classic__=1 v 

6.) Bagian untuk mencari produk mau mencari nama deksripsi tagar ataupun kategori bisa dicari melalui fitur ini.

7.) Fitur untuk memfilter produk apakah harganya,  apakah terbaru , atau terlaris hampir sama dengan pencarian produk.

2. Kategori Saya

Di fitur ini kita mengatur kategori produk sesuai dengan apa yang kita inginkan dan fitur ini mempermudah kita untuk mengelompokan produk agar lebih mudah dicari saat pembeli berkunjung ke toko kita. Fitur seller shopee mempunyai 2 kategori yaitu :

1. Kategori aktif.
 

Nah kategori aktif ini adalah kategori yang sedang dijalankan pada toko kita kategori mampu menampung lebih dari 20 produk didalam kategorinya. Kalau kita lihat di kategori aktif itu ada kategori new arivals, nah itu adalah produk - produk kita yang baru ditambahkan akan membuat kategori sendiri dengan nama new arivals (pendatang baru). Kalau mau mengelompokkan produk dengan nama yang kita buat sendiri kita harus scroll mouse kebawah untuk melihat kategori tidak aktif.

2. Kategori tidak aktif

Kategori tidak aktif ini mempunyai turunan lagi yaitu kategori toko saya , kategori otomatis, kategori berdasarkan kategori shopee, kategori berdasarkan hastag.



  
    1.) Kategori toko saya 


Di bagian kategori toko saya ini kita dapat menambahkan kategori sesuai keinginan anda dan anda bisa akan mengaktifkan kategori tersebut atau tidak dan juga bisa menghapus dengan menggunakan tombol berikon tempat sampah disebelah kanan.


     2.) Kategori Otomatis

Kategori ini adalah kategori yang dibuat oleh pihak shopee jadi kita tidak bisa mengedit atau menghapusnya biasanya kategori ini biasanya diisi oleh diskon atau produk yang baru kita upload.

    3.) Kategori Berdasarkan Kategori Shopee
Kategori ini di isi oleh kategori yang anda pilih saat anda menupload produk nah nanti kategori yang sama akan dikelompokkan oleh algoritma shopee agar orang dapat mudah mencari apa yang dia inginkan dengan kategori yang ada di shopee.

     4.) Kategori Berdasarkan Hastag Shopee

Kategori ini akan aktif biasanya oleh pihak shopee yang akan membuatnya sendiri dan kalau anda mendapat undangan produk nanti pasti kategori ini akan aktif untuk produk produk yang mendapat undangan dari shopee.

3. Penjualan Saya

Penjualan saya adalah tempat dimana kita mengatur penjualan produk apakah barang dipesan oleh pembeli , harus dikirim, dikirim, selesai , batal, atau pengembalian barang. Nah kalau dipenjualan ada 6 bagian.



Masing masing mempunyai fitur tersendiri, kalau semua produk dimulai dari belum bayar sampai pengembalian di tampilkan di fitur semua dalam fitur penjualan saya ini. Lalu Belum bayar di fitur ini akan menampilkan produk yang dipesan oleh pembeli tapi produk tersebut belum dibayar , entah ada kendala dalam pembayara si pembeli atau juga dia belum membayarnya, dan jangan kirimkan barang dulu sebelum status dari belum bayar ini berubah ke perlu dikirim. 

Perlu dikirim
 nah disini kita wajib untuk mengirimkan produk karena shopee akan memberikan waktu sekitar 3 - 5 hari untuk kita mengirimkan produk kepada si pembeli nanti di fitur ini akan terlihat kemana kita harus mengirimnya dan berapa ongkos kirim yang diperlukan untuk mengirim barang dan juga apabila kita belum mengirimkan barang selama waktu yang ditentukan , atau terkendala pada jasa pengiriman anda bisa menghubungi customer service shopee dan minta penambahan waktu tenggang agar kita dapat mengirim barang tersebut jika kita tidak bilang ke customer service shopee maka akan secara otomatis barang batal dibeli dan kita akan mendapatkan point penalti pada toko kita dan uang yang tadi sudah dikirimkan kepada kita akan kembali ke shopee pay si pembeli. 

Dikirim
 di fitur ini adalah barang yang sudah kita masukkan no resi atau barangnya sudah kita kirim dengan catatan kita harus menunggu sampai barang tersebut sampai ke tujuan jika barang sudah dikirim tapi saat dikirim ada kendala rumah kosong atau alamat salah nanti barang tersebut akan ditanggung oleh pembeli, dan kita harus memberi tahu bahwa barang tersebut ada di tempat jasa kirim yang dia pesan. 

Selesai 
di fitur ini lah produk selesai dikirim itu menandakan bahwa si pembeli telah mengkonfirmasi barang sudah sampai atau waktu konfirmasi barang sudah pada waktunya (si pengirim tidak mengklik tombol konformasi akan ada waktu konfirmasi otomatis karena barang sudah sampai). Dan pastikan si pembeli suka dengan produk yang dia pesan dan memberikan bintang dengan kualitas produk yang dia dapat. 

Yang terakhir adalah Pengembalian di fitur ini pembeli yang komplain terhadap produk yang dia beli ke toko kita dikarenakan ada kerusakan barang yang di kirim oleh kita ada goresan , atau produk tidak muat (untuk produk sandang). Kita wajib melakukan pengiriman ulang tetapi dengan syarat si pembeli mengirimkan lagi barang ke toko kita dengan biaya ongkir ditanggung si pembeli.

4. Promosi Saya


Di fitur promosi saya ini adalah tempat kita membuat promosi kepada produk kita , ada lima bagian di dalam promosi saya ini dan masing masing produk tersebut ada kegunaan tersendiri. Di bagian promosi ini adalah salah satu cara agar produk kita lebih banyak dikunjungi oleh banyak pengunjung sesuai dengan cara kita membuat promonya. Iklanku, pada fitur ini anda harus mengisi saldo untuk topup ke saldo iklanku karena di fitur ini adalah mengiklankan produk anda dengan membayar sesuai keinginan anda dan anda bisa memasang harga sesuai kebutuhan. Nantinya produk anda akan ada di paling atas saat pencarian.



Nah produk diatas adalah produk yang menggunakan fitur iklan di promosi saya tadi, dan minimal mentopup saldo iklan yaitu 20 ribu  rupiah. Promo toko, Yakni anda membuat promosi diskon pada produk anda, di promo diskon ini ada 3 bagian penting yang pertama ialah promosi akan datang, promosi berjalan, dan promosi selesai. Penting !!! untuk peraturan shopee terbaru penjual tidak boleh melakukan perubahan harga 1 minggu saat ingin mendiskon produk karena akan mendapatkan penalty dari shopee. 

Jadi kalau anda ingin membuat promo toko harus dari 1 minggu yang lalu baru dapat membuat diskon. Promo Shopee, di promo shopee ini anda harus mendapat undangan dari pihak shopee dulu karena nanti anda akan dipilih sebagai toko yang akan ikut pada promo - promo shopee walaupun tidak sama dengan flash sale tapi promo shopee ini dapat meningkatkan pengunjung untuk mengunjungi toko kita dengan syarat kita harus diundang dan juga produk kita lolos nominasi pada saat kita memilih produk yang akan kita pilih untuk di ikutsertakan pada promo shopee. 

Voucher Toko Saya ini adalah tempat dimana kita menambahkan voucher pada produk kita atau pada pembelian produk di toko kita, kita dapat mengatur dari mulai nama voucher berapa voucher yang tersedia voucher berlaku sampai kapan voucher memberi diskon berapa % atau berapa rupiah, dan juga apakah voucher berlaku pada semua produk apa hanya produk tertentu itu anda sendiri yang menentukannya. 

Yang terakhir dari bagian promosi toko adalah Produk pilihan toko, produk pilihan toko hampir sama dengan kategori cuman produk pilihan toko adalah produk yang ditampilkan berjalan diatas produk produk kalian pada saat kalian mengunjungi toko tersebut. Maksimal dari produk yang bisa dimasukkan pada produk pilihan toko yaitu 8.


Sebenarnya masih ada satu bagian lagi yaitu flash sale tapi untuk fitur flash sale anda harus mendapat undangan dulu dari shopee karena toko anda termasuk salah satu toko yang cocok dengan flash sale dan pastinnya barang tersebut sangat banyak pembeli nya dan dia terpilih sebagai toko yang ada fitur flash salenya.

Share this