Cara Membuat Blog Untuk Pemula | Tutornologi


Blog adalah tempat yang memberi akses agar kita dapat membuat website secara gratis. Blog dapat berisi apa saja didalamnya dari pengalaman pribadi, sampai berbisnis di blog. Biasanya para blogger itu menuangkan cerita dari pengalaman pribadinya yang menginspirasi para pembacan dan juga banyak yang berbisnis di blog dengan cara berjualan fashion sampai jualan makanan, malah sampai ada yang menjual jasa jasa seperti jasa pembuatan logo dan masih banyak yang lainnya. Dalam membuat blog kita harus mengetahui apa saja yang diperlukan dalam pembuatan blog. Yakni , email digunakan untuk menyambungkan dengan akun blog dengan akun email. Kemudian Internet , karena untuk mengakses blog kita harus terhubung dengan internet. Tempat Penyedia Blog di dunia internet sangat banyak tapi ada beberapa yang kita rekomendasikan agar mudah kita gunakan yaitu :
  1. Blogger.com
  2. Wordpress.com
  3. Tumblr.com 
Nah kali ini kita akan bahas yang pertama dulu karena web blogger.com adalah web yang sering banyak digunakan untuk membuat blog.
Buat acount Gmail di gmail.com. [1]
Pertama buka gmail.com di masing - masing browser kalian. Kemudian daftar dan buat akun sesuai keinginan kalian tapi jika kalian sudah mempunyai akunnya silahkan pakai akun yang ada.

Sesudah buat kemudian kalian buka diurl blogger.com nanti akan muncul tampilan seperti ini. 
Masukkan di url browser blogger.com. [2]

Kemudian masuk lalu masukkan gmail yang tadi sudah dibuat yang sebelumnya anda pernah buat. Jika sudah maka akan ada ketikan profil blogger yang akan dijadikan nama blogger anda.

Atur profil blog anda, bukan nama blog tapi hanya profil. [3] 
Klik lanjutkan kemudian. Akan muncul gambar seperti di bawah ada 4 menu dan satu tombol yang tengah, untuk saat ini kita klik tombol yang ditengah untuk membuat blog yang pertama kali. 
Halaman pertama sebelum membuat Blog. [4]

Ketikkan nama blog yang anda inginkan dan jangan lupa ketik url sesuai nama blog anda misalkan kalau blog yang sesuai nama anda sudah sama pakaikan nomer disetelah nama blog anda atau jika anda ingin urlnya tidak sama dengan blog anda silahkan ganti sesuai keinginan anda , kemudian pilih tema dengan jenis blog anda.
Menentukan nama dan juga alamat url blog. [6]
Dibawah ini ada banyak sekali fitur fitur blog ialah postingan. Postingan berisi artikel atau postingan yang sudah anda buat atau postingan yang belum selesai atau masih di draft (belum dipublikasikan). Baca juga fitur fitur yang ada di blog 
Tampilan awal setelah membuat blog. [7]
Nah dibawah ini adalah tempat untuk anda berkreasi yaitu tempat membuat artikel ada banyak fitur fitur , dari memperbesar huruf , mengganti jenis huruf, mengganti warna huruf, meletakkan huruf di tengah kanan atau kiri dan juga ada fitur label yang biasa digunakan untuk mengkategorikan blog anda.
Halaman Pembuatan Artikel. [8]
Nah Sekarang kalian sudah bisa membuat blog dengan cara cara yang mudah. Mulailah berkreasi buat blog yang bermanfaat untuk orang lain dan juga tidak untuk memprovokasi dan merugikan orang lain atau bisa mempermalukan orang lain. Jika kalian ingin mencari uang melalui blog anda bisa liat link dibawah ini.

Share this