Cara Mencegah Infeksi Spyware | Tutornologi


Spyware merupakan suatu program yang dapat mengancam laptop anda, bersifat pengecut dengan menginstall dirinya sendiri atau dengan menyembunyikan program lain yang sudah anda install. Bahaya dari spyware adalah dapat melakukan hal seperti berikut ini.

1. Menginstal "Keystroke Logging" suatu program yang membolehkan kriminal untuk melihat semua yang anda ketik, termasuk password dan nomor kartu kredit.

2. Membajak browser internet dengan mengganti Homepage Default atau Search Engine dan jejak kebiasaan surfing anda.

3. Mengirimkan informasi pribadi ke para penjahat internet (hacker) yang dapat digunakan sebagai pencurian identitas, atau untuk marketer online yang akan mengirimkan iklan pop up kepada anda.

Spyware ini disebabkan oleh beberapa cara yang tidak sengaja kita lakukan. Berikut adalah cara spyware untuk masuk dan menggangu ke dalam laptop anda.

1. Iklan Internet. Ketika anda mengklik pop up, spyware akan mendonwload dirinya sendiri secara otomatis ke laptop anda.

2. File-Sharing Software. Aplikasi ini tersembunyi di dalam program yang digunakan untuk sharing file musik MP3 secara ilegal atau film bajakan. Ketika anda menginstal software ini, spyware juga akan diinstal secara bersamaan.

3. Software Bajakan. Copy ilegal dari suatu software yang dijual pedagang kaki lima, atau mendownload software dari internet juga sering berisi spyware.

4. Shareware dan Freeware. Software gratis di internet dari vendor atau seseorang yang tidak dikenal.

5. Spyware Gadungan-Program Removal. Beberapa program antispyware sebenarnya menginstal spyware ke dalam laptop anda. Untuk terhindar dari penipuan ini, instal software spyware removal yang mempunyai reputasi bagus.

6. Lampiran Email. Seperti halnya virus, spyware dapat diinstal ke dalam laptop ketika anda membuka attachment email yang sudah terinfeksi spyware.

7. Hackers. Seorang hacker selalu siap untuk menenmukan cara masuk ke dalam laptop anda melalui viurs, worm, trojan horse, yang dapat menginstal spyware ke dalam sistem operasi anda.

Berikut ini beberapa program antispyware yang bisa anda gunakan.
1. Ad-Aware Free version.
2. Spybot Search and Destroy.
3. Spy Sweeper.
4. eTrust Pestpatrol.
5. McAfee Antispyware.

Untuk program program di atas anda bisa mendownload nya dengan cara menanyakan link download kepada kita melalui contact us atau melalui fanspage kita.

Share this